Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 216 TALUNGENG KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Rosmalah Rosmalah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2017

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendelaporankan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil siklus I dengan kualifikasi cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Kata Kunci: IPS, pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...