Penelitian mengamati pada saat kegiatan PLP II, hasil pengamatan terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu bahan ajar yang digunakan guru hanya satu berupa modul pembelajaran pdf. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan media belajar digital interaktif dan motivasi siswa pada mata pelajaran Jaringan Komputer dan Internet. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan metode four-d dengan 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian modul pembelajaran di uji validitas materi, validitas media dan uji praktikalitas. Hasil validitas materi dari 2 validator ahli sebesar 78.00% dan hasil validitas media sebesar 88.50%, hasil praktikalitas, diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 78.85%, hasil motivasi belajar siswa sesudah penggunaan modul, hasil persentase rata-rata sebanyak 67.42%. Modul mendapatkan hasil pengujian yang dapat dikategorikan “Sangat Valid”, “Praktis” dan “Mendekati “Iya”, dari hasil tersebut modul diperbolehkan untuk digunakan serta memberikan motivasi siswa ketika belajar.
Copyrights © 2023