Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya nilai PPKn materi Kewajiban dan Hak di Rumah pada siswa kelas III A MIN 2 Jepara. Keterbatasan disaat pandemi yang membuat guru dipaksa untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi. Kemudian tingkat kejenuhan siswa untuk menyerap materi tanpa mengetahui contoh nyata dalam kehidupan. Sehingga guru harus bisa mengajak siswa berpikir secara nyata dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan pada saat itu. Oleh sebab itu, penggunaan video pembelajaran menjadi salah satu pilihan agar siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Materi PPKn yang terdapat di kelas III banyak yang membutuhkan pemahaman secara kontekstual, sehingga butuh media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengingat contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu membedakan setiap istilah yang diungkapkan dalam materi tersebut dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas III A MIN 2 Jepara yang berjumlah 39 siswa. Instrumen pengumpulan data, teknik pengumpulan data, dan analisis data menggunakan tes dan nontes. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil nilai rata-rata pada pra siklus adalah 69,28 kemudian rata-rata siklus I adalah 73,03 dan rata-rata siklus II adalah 85,72. Sedangkan nilai rata-rata ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 38%, kemudian pada siklus I sebanyak 62%, dan pada siklus II sebesar 92% siswa dinyatakan tuntas KKM. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Hasil analisis data nontes berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan adanya perubahan perilaku pada siswa kelas III A MIN 2 Jepara menjadi positif.
Copyrights © 2023