Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas modul berbasis STEM dalam matematika di SMP ditinjau dari tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Model Borg and Gall dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari (1) Potensi dan permasalahan, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi Desain Produk, (6) Pengujian produk, dan (7) Revisi produk. Instrumen penelitian adalah lembar validasi, mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, angket respon guru dan siswa serta tes prestasi belajar. Validitas diperoleh 3,81 (valid). Kepraktisan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,82 (sangat baik) dan respon guru sangat positif dengan persentase rata-rata 91,6% dari kedua hasil analisis, sehingga modul memenuhi kriteria praktik. Sedangkan kriteria efektivitas diperoleh dari hasil analisis hasil observasi aktivitas siswa yaitu 89% dalam kategori sangat baik, respon siswa terhadap modul memberikan respon sangat positif dengan persentase 85%, dan tes prestasi belajar menunjukkan persentase 88% sehingga kriteria efektivitas terpenuhi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023