Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD

Upik Elok Endang Rasmani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Siti Wahyuningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Bambang Winarji (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Jumiatmoko Jumiatmoko (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Nurul Shofiatin Zuhro (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Anjar Fitrianingtyas (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Putri Agustina (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Yuanita Kristiani Wahyu Widyastuti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Kurikulum merdeka telah diterapkan pada sebagian lembaga PAUD. Salah satu pilar utama dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran yang dilaksanakan adalah Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi komponen manajemen Project Based Learning dalam kurikulum merdeka di PAUD. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini berupa penelitian deskripitif kualitatif. Langkah penelitian diawali dengan studi literature tentang kualitas lembaga PAUD yaitu terkait bagaimana Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, akan dilaksanakan analisis data berupa identifikasi manajemen Project Based Learning dengan analisis pada komponen yang diharapkan diperoleh karakteristik secara alamiah dan mendalam serta masalah terkait manajemen Project Based Learning pada implementasi Project Based Learning. Kurikulum merdeka yang dikemas dalam metode Project Based Learning telah dilaksanakan dengan baik dan terstruktur di TK Al Khoir Surakarta baik dari perencanaan hingga pelaksanaan. Keterlibatan orang tua dan pendidikan karakter menjadi keunggulan dalam pelaksanaan project P5 di TK Al Khoir Surakarta

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...