Seling: Journal of PGRA Study Program
Vol 9 No 2 (2023): Juli 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Big Book pada Pendidikan Seks untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK DWP Banjaran

Amalanda Natasyah (Universitas Negeri Surabaya)
Kartika Rinakit Adhe (Universitas Negeri Surabaya)
Eka Cahya Maulidiyah (Universitas Negeri Surabaya)
Nurhenti Dorlina Simatupang (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh tingkat pengenalan pendidikan seks untuk anak usia dini di TK Banjaran hanya diberikan pada pembelajaran tema “Diriku” dan mengenalkan ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektifitas dari media pembelajaran big book pendidikan seks untuk anak usia dini. Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE. Validitas pada penelitian adalah ahli media dan materi. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 30 anak di TK DWP Banjaran. Teknik pengumpulan data penelitian berupa lembar angket atau kuisioner dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran big book pada pendidikan seks untuk anak usia 4-5 tahun layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kelayakan ahli media termasuk kategori sangat layak (92%) dan ahli materi termasuk kategori sangat layak (89%). Berdasarkan uji efektivitas termasuk kategori sedang (0.63), sehingga media pembelajaran big book pada pendidikan seks untuk anak usia 4-5 tahun dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan pendidikan seks serta meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Copyrights © 2023