EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Program Praktik Pembelajaran Bidang Miring Sebagai Upaya Mengetahui Pemahaman dan Keterampilan Siswa

Nidaul Fajrin (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
M Andi Syafruddin (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
M Rizqi Amaluddin (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari upaya pendidik dalam memadukan pengetahuan dengan keterampilan berdasarkan materi pelajaran tertentu berbasis Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) serta relevansinya dengan mata pelajaran lain seperti Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di kelas 8 secara khusus dengan tim STEAM SMP dan Pesantren Bumi Cendekia pada bulan November 2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara kepada tim STEAM Bumi Cendekia sebagai data primer dan obsevasi dan dokumentasi merupakan data sekunder. Pada tahap observasi dan dokumentasi peneliti ikut serta dalam program kegiatan “Ramp : Accessbility for All”. Dan pengumpulan data, analisis data serta pengambilan kesimpulan merupakan tahapan analisis data yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini bahwa program  praktik pembelajaran Ramp : Accessbility For All berbasis STEAM sukses dilaksanakan dan siswa dapat memahami secara lebih dalam mengenai materi pembelajaran khususnya mengenai bidang miring serta siswa memiliki keterampilan sesuai dengan yang diharapkan berdasarkan standar kompetensi. Selain itu, siswa kelas 8 SMP dan Pesantren Bumi Cendekia juga memahami terkait keberagaman sosial khususnya keberadaan kaum difabel yang memanfaatkan bidang miring sebagai akses jalan kursi roda

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...