Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal permutasi. Siswa mengalami kebingungan untuk menggunakan rumus karena siswa mengalami keraguan dan belum memahami konsep permutasi. Siswa membutuhkan pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa untuk lebih memahami konsep permutasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep permutasi melalui aktivitas pemilihan ketua OSIM (Organisasi Intra Madrasah). Penelitian ini menggunakan metode design research dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Darul Huda OKU Timur dengan subyek 30 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, lembar aktivitas siswa, video, foto, dan catatan lapangan dengan menghasilkan lintasan pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep permutasi. Penelitian ini diawali dengan aktivitas menentukan bentuk pengurus yang mungkin terjadi pada pemilihan ketua OSIM dari 2, 3, 4, dan 5 kandidat, kemudian siswa menentukan jumlah susunan kelompok yang dapat terbentuk dari pemilihan tersebut dan siswa dapat menemukan konsep permutasinya.
Copyrights © 2023