Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
Vol 6, No 3 (2023): Juni 2023

Penerapan Data Mining Pada Penjualan Kacamata di Optik Kiran Menggunakan Algoritma Apriori

Derra Legiana Chintiya (Universitas Indo Global Mandiri)
Tri Septa Yulandari (Universitas Indo Global Mandiri)
Terttiaavini Terttiaavini (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Abstrak— Optik Kiran adalah salah satu optik di Palembang. Optik Kiran melayani penjualan berbagai merek kacamata. Untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen, para ahli kacamata ini harus mampu menyelesaikan masalah yang berulang, termasuk rendahnya atau kurangnya stok jenis kacamata yang paling diminati. Hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan dan pola perilaku belanja konsumen yang tidak dapat ditebak. Untuk menjawab tantangan yang dihadapi, penelitian ini bertujuan untuk memprediksi penjualan kacamata optik Kiran dengan memanfaatkan algoritma Apriori. Algoritma ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perilaku konsumen dan meningkatkan penjualan produk optik. Studi ini menggunakan data transaksi historis dari toko optik. Temuan menunjukkan bahwa penerapan algoritma Apriori dapat membantu dalam menyusun strategi pemasaran untuk mempromosikan produk tambahan secara efektif dengan menganalisis fitur penjualan utama dari produk yang ada.Kata kunci: Algoritma Apriori, Data Mining, kacamata, Penjualan Abstract— Optik Kiran is one of the optics in Palembang. Optik Kiran serves the sale of various brands of glasses. To improve the quality of services provided to consumers, these opticians must be able to solve recurring problems, including the low or lack of stock of the most demanded types of glasses. This may be due to the unpredictable changes and patterns of consumer shopping behavior. To address the challenges faced, this research aims to predict the sales of Kiran optical glasses by utilizing the Apriori algorithm. This algorithm aims to identify consumer behavior patterns and increase sales of optical products. The study utilized historical transaction data from the optical store. The findings show that the application of Apriori algorithm can help in devising marketing strategies to effectively promote additional products by analyzing the key selling features of existing products.Kata kunci: Apriori Algorithm, Data Mining, Sales, glasses

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnkti

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering Neuroscience Transportation

Description

Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Komputer Universitas Serambi Mekkah tahun 2018 dan telah Terakreditasi SINTA 5. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, ...