Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Topik Satuan Waktu Di Kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri

Hutomo, Adi Wahyu (Unknown)
Roisatul Mar’atin Nuro, Falistya (Unknown)
Siswati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2022/2023 melalui penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pada topik Satuan Waktu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan secara kolaboratif selama 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Model Project Based Learning (PjBL) dilakukan dengan 6 (enam) sintaks pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil produk, dan wawancara peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dihasilkan peningkatan kemampuan numerasi di siklus 1 dengan nilai n-gain 0,26 dan pada siklus II mendapatkan nilai n-gain 0,89. Dapat disimpulkan dari kedua nilai n-gain tersebut, penggunaan model Project Based Learning (PjBL) efektif dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Keywords: Project Based Learning; Kemampuan Numerasi; Satuan Waktu

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...