Al-Mau'izhoh : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 5, No 1 (2023): Edisi Juni 2023

Penerapan Metode Joyfull Learning dalam Menanamkan Sikap Kerjasama dalam Pembelajaran PAI di SMP N 1 Tretep Temanggung

afina amelia (Universitas Sains Al-Qur'
an)

Sri Jumini (Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia)
Bambang Sugiyanto (Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Kurangnya keterampilan kooperatif dalam proses pembelajaran PAI di SMP N 1 Tretep Temanggung menjadi pendorong dilakukannya penelitian penerapan metode Joyfull Learning untuk menanamkan sikap kerjasama. Pembelajaran PAI belum menggunakan strategi baru, siswa masih kesulitan mengungkapkan pendapatnya sendiri dan kurang mampu menanamkan sikap kooperatif di dalam kelas. Selain itu, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa lebih cepat bosan. Dengan menggunakan pembelajaran Joyfull Learning diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan kooperatif di kelas, tidak cepat bosan, dan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII B, guru PAI kelas VIII B, dan kepala sekolah SMP N 1 Tretep Temanggung. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk pengumpulan data. Teknis analisis data yang digunakan dalam metode ini adalah analisis manual, temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Joyfull Learning untuk menanamkan sikap kerjasama pada siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Tretep berjalan dengan baik. Sikap kerjasama siswa dalam pembelajaran PAI juga berjalan dengan baik dan diminati oleh siswa yaitu melalui penggunaan model kooperatif dan model diskusi; Namun, terkadang guru kesulitan mengatur kondisi kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

am

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

jurnal ini mencakup berbagai kajian pendidikan Islam, dasar - dasar pendidikan Islam, metode pembelajaran Islam, ...