Cendekiawan
Vol 5 No 1 (2023): Cendekiawan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Windunegara, Kabupaten Banyumas

Greffi Hoziyana (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sri Muryaningsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikelas V SDN 1 Windunegara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 1 Windunegara dengan jumlah peserta didik 22 yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada aspek afektif siklus I memperoleh presentase siklus yaitu 53,26% dengan kriteria kurang. Pada siklus II memperoleh presentase siklus yaitu 83,35% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan 79,47% dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 82,50% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek psikomotor pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan 78,75% dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 96,25% dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN 1 Windunegara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CENDEKIAWAN

Publisher

Subject

Education

Description

CENDEKIAWAN merupakan kumpulan dari artikel ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka guru, dosen dan praktisi pendidikan lainnya yang berkaitan dengan pendidikan di sekolah dasar. Menerima artikel hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan terbit setiap bulan Juni dan bulan ...