Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 19, No 1 (2022)

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PARADIGMA PROPHETIC PARENTING SEBAGAI UPAYA MENGATASI DEGRADASI MORAL ANAK DI INDONESIA

Rahmatika Layyinah (Universitas Islam Indonesia)
Ikke Pradima Sari (Universitas Islam Indonesia)
M Nurul Ikhsan Saleh (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Fenomena degradasi moral di Indonesia dalam level mencemaskan dan berbahaya. Belakangan, banyak anak-anak dan remaja bukan lagi hanya sebagai korban kejahatan tetapi mereka sudah banyak yang menjadi pelaku dari berbagai kejahatan. Sebagian dari mereka terlibat dalam tawuran, kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan verbal, kejahatan seksual, narkoba, dan pembunuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pendekatan pendidikan karakter dalam paradigma prophetic parenting untuk mengatasi fenomena degradasi moral di Indonesia. Menggunakan penelitian kajian pustaka, penelitian ini mengeksplorasi metode pendidikan karakter bagi anak yang diajarkan Nabi Muhammad SAW sebagai upaya untuk membangun generasi muda yang berakhlakul karimah. Peneliti mengumpulkan beragam literatur bacaan seperti buku, journal, majalah, dan berita dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menemukan bahwa prophetic parenting merupakan suatu ajaran dan konsep mendidik anak dengan berkiblat pada cara-cara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang didalamnya mencakup proses pengajaran, pendidikan, dan penanaman nilai-nilai karakter. Pendekatan pendidikan karakter menggunakan paradigma propthetic parenting meliputi penanaman adab, menanamkan sikap jujur, mengajarkan sikap amanah, mendidik anak untuk menjauhi sifat iri dan dengki, dan mendidik anak melalui keteladanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...