Persaingan antar pasar produk sabun perawatan pribadi dan kosmetik semakin kompetitif. Hal ini terbukti dengan banyaknya jenis kosmetika produksi dalam negeri maupun produksi luar negeri yang beredar di pasar. Peningkatan produktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode penelitian diantaranya Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Root Cause Analysis (RCA). Target produksi adalah batas ketentuan perusahaan mengenai suatu hasil produksi berdasarkan perencanaan-perencanaan yang telah ditetapkan perusahaan. PT Adev Natural Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak bidang jasa pembuatan sabun kosmetik, seperti sabun batang/cair, cream, lotion, toner dan produk-produk lainnya. Untuk memenuhi kepuasan konsumen, perusahaan ini selalu berusaha untuk dapat menghasilkan produk sesuai dengan jumlah permintaan. Akan tetapi perusahaan kurang memperhatikan aktivitas produksi yang dapat menyebabkan hasil produksi tidak memenuhi target. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan penerapan pengendalian kualitas pada produk sabun batang kosmetik untuk meminimalkan adanya produk cacat sehingga mampu meningkatkan kualitas produk
Copyrights © 2022