JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kebersihan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Sikap Kedisplinan

Annisa Annisa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Perubahan karakter pada masyarakat yang disebabkan oleh proses globalisasi secara terus menerus berdampak pada krisis moral yang dimiliki masyarakat.Membangun sebuah karakter dapat dicapai melalui lingkungan hidup. Dengan mempelajari sikap peduli terhadap lingkungan, diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki karakter peduli terhadap dunia luar dan lingkungan mereka sendiri. Kurangnya edukasi mengenai pendidikan karakter berperan penting dalam mengatasi permasalahan ini. Tujuan dibuatnya artikel ini, untuk mengetahui sejauh mana pendidikan karakter dapat mempengaruhi kebersihan lingkungan sekolah untuk meningkatkan sikap kedisplinan. Penelitian ini menggunakan sebuah metode literature review atau lebih banyak dikenal dengan sebutan kajian pustaka yaitu kajian yang dilakukan secara teoritis. Dapat dipahami bahwasannya pendidikan karakter memegang kunci penting dalam meningkatkan sikap kedisplinan. Pendidikan karakter dapat dibentuk melalui peduli lingkungan sekolah untuk peserta didik. Diwujudkan dengan nilai-nilai karakter seperti menanamkan sikap tanggung jawab untuk diri sendirinya maupun orang lain. Dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah yaitu menjaga sekolah dan halaman sekolah tetap bersih, merawat tanaman, membuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang, memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, membuat karya seni dari sampah dan beberapa perilaku yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...