Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan mendeskripsikan kesalahan dalam penulisan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Sarakan III Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang di teliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa yang dianalisis sebanyak 24 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi dalam melakukan pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan pada 24 siswa dalam membuat paragraf yang dianalisis, terdapat kesalahan penulisan huruf kapital yaitu sebanyak 19 siswa atau 79,1% pada indikator awal kalimat atau awal paragraf. 15 kasus kesalahan tanda baca titik atau 62,5% pada indikator tanda titik di akhir paragraf. 5 kasus kesalahan tanda baca koma atau 21%. Dan 0 kasus atau 0% tidak terdapat kasus. Adapun faktor yang mempengaruhi kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca yaitu kurangnya berlatih dalam menulis dan ketidaktauan siswa dalam penempatan huruf kapital dan tanda baca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023