Materi membaca nyaring dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas III UPT SDN No. 103 Inpres Sompu, Kabupaten Takalar, menghadapi tantangan utama karena tingkat keberhasilannya yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses dan hasil peningkatan kemampuan membaca nyaring dengan menerapkan metode Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) pada murid tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Fokus penelitian mencakup keterampilan membaca nyaring dan penggunaan metode AIR di kelas tersebut. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 20 murid kelas III. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar murid dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan hasil belajar dengan skor rata-rata meningkat dari 69,5 pada siklus I menjadi 87,7 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar membaca nyaring juga meningkat, dengan 18 murid (90%) mencapai ketuntasan belajar pada siklus II, berbanding dengan 10 murid (50%) pada siklus I. Kesimpulannya, melalui penerapan metode AIR, terjadi peningkatan keterampilan membaca nyaring pada kelas III UPT SDN No. 103 Inpres Sompu, Kabupaten Takalar.
Copyrights © 2023