Dalam era Revolusi Industri 4.0, pendidikan kebangsaan di sekolah dasar memegang peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi dan transformasi sosial yang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan kebangsaan di sekolah dasar dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini dilakukan melalui tinjauan literatur yang menyelidiki konsep pendidikan kebangsaan dan implikasinya dalam konteks Revolusi Industri 4.0. Pengembangan Keterampilan 4C: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas) perlu ditanamkan melalui berbagai aktivitas dan tugas di sekolah dasar. Keterampilan ini menjadi penting dalam menghadapi perubahan teknologi dan mendorong siswa untuk menjadi inovatif dan adaptif. Guru perlu diberikan pelatihan dan pengembangan profesional secara teratur agar dapat mengimplementasikan pendidikan kebangsaan dan mengintegrasikan teknologi dengan efektif dalam proses pembelajaran. Implementasi pendidikan kebangsaan dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Kolaborasi yang kuat antara semua pemangku kepentingan akan menjadi kunci kesuksesan dalam meningkatkan pendidikan kebangsaan di sekolah dasar.
Copyrights © 2023