JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gebang 01 Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw

Rafi Arya Putra (Universitas Trunojoyo Madura)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura)
Firdausi Nur Fauzzyah Atiqah (Universitas Trunojoyo Madura)
Rina Sofiati (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Maksud dari riset ini ialah untuk meningkatkan pemahaman murid mengenai materi sumber energi dengan menerapkan corak pengajaran jigsaw. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini (PTK) yang diikuti oleh 29 siswa kelas 4 SDN Gebang 01. Studi penelitian dijalankan dengan dua putaran siklus, di mana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Partisipan dari studi ini terdiri dari 14 siswa lelaki dan 15 siswa perempuan. Dari penelitian yang dilakukan, para peneliti menyimpulkan bahwa model kerja sama jigsaw dapat meningkatkan kinerja kognitif siswa dalam belajar. Faktanya, terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara Siklus I dan Siklus II. Pada awalnya, tingkat pencapaian hanya mencapai 58,62% di Siklus I, namun terjadi peningkatan sebesar 24,13% di Siklus II, sehingga tingkat pencapaian mencapai 82,75%. Dari hasil riset yang dilakukan, ahli peneliti mengambil kesimpulan bahwa model pengajaran kolaboratif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...