Maksud dari riset ini ialah untuk meningkatkan pemahaman murid mengenai materi sumber energi dengan menerapkan corak pengajaran jigsaw. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini (PTK) yang diikuti oleh 29 siswa kelas 4 SDN Gebang 01. Studi penelitian dijalankan dengan dua putaran siklus, di mana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Partisipan dari studi ini terdiri dari 14 siswa lelaki dan 15 siswa perempuan. Dari penelitian yang dilakukan, para peneliti menyimpulkan bahwa model kerja sama jigsaw dapat meningkatkan kinerja kognitif siswa dalam belajar. Faktanya, terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara Siklus I dan Siklus II. Pada awalnya, tingkat pencapaian hanya mencapai 58,62% di Siklus I, namun terjadi peningkatan sebesar 24,13% di Siklus II, sehingga tingkat pencapaian mencapai 82,75%. Dari hasil riset yang dilakukan, ahli peneliti mengambil kesimpulan bahwa model pengajaran kolaboratif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa.
Copyrights © 2023