Tujuan peneIitian ini adaIah menganaIisis program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), menganalisis minat baca peserta didik, menjelaskan faktor yang mempengaruhi minat baca, dan mengetahui upaya yang diIakukan sekolah dalam meningkatkan program GLS dalam menanamkan minat baca peserta didik Kelas IV B SDN Mojosongo III Surakarta. PeneIitian ini merupakan peneIitian kuaIitatif dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif dan strategi peneIitian studi analisis. Menggunakan teknik pengumpuIan data catatan lapangan, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis didapatkan hasil bahwa program GLS berjalan dengan baik dengan kebijakan pembentukan tim literasi sekolah, minat baca peserta didik kelas IV B berada di rata-rata 81,10 dengan kategori tinggi 16 dan sangat tinggi 11. Faktor yang mempengaruhi GLS dalam menanamkan minat baca yaitu faktor pendukung dan penghambat, upaya yang diIakukan sekolah dalam meningkatkan program GLS dengan cara pengadaan buku ditingkatkan, bekerja sama dengan perpustakaan kota, dan sumbangan buku yang sudah tidak digunakan oleh peserta didik.
Copyrights © 2023