JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Mencari Pokok Pikiran Paragraph melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Murid Kelas V SDN No 151 Inpres Kalampa Kabupaten Takalar

Nurlaela Nurlaela (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Paida (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abdan Syakur (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca pemahaman dalam mencari pokok pikiran paragraph masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Mencari Pokok Pikiran Paragraph Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Murid Kelas V SDN No 151 Inpres Kalampa Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah 1) Keterampilan membaca pemahaman dalam mencari pokok pikiran paragraph dan 2) Penggunaan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) di kelas V SDN No 151 Inpres Kalampa Kabupaten Takalar. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas V yang berjumlah 20 orang murid. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan aktivitas belajar murid dari siklus I ke siklus II, hasil belajar murid mengalami peningkatan yaitu perolehan rata-rata skor hasil belajar murid pada siklus I 63 meningkat pada siklus II menjadi 83. Ketuntasan belajar membaca pemahaman dalam mencari pokok pikiran paragraph murid juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I, dari 8 (40%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 20 (100%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan keterampilan membaca pemahaman dalam mencari pokok pikiran paragraph kelas V SDN No 151 Inpres Kalampa Kabupaten Takalar melalui penerapan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...