JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Akulturasi Islam dan Budaya Lokal Kajian Historis Sejarah Dakwah Islam di Masjid Al- Osmani, Medan Labuhan

Muktarruddin Muktarruddin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Izzatul Muthmainnah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Khairunisa Harani Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Moehammad Harmain (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Nur Syahfitri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Tris Supriadi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Masjid menjadi tempat penting dalam mengamalkan ajaran agama Islam dan mempromosikan nilai-nilai budaya lokal dalam konteks keagamaan. Salah satu contohnya adalah di Masjid Kesultanan Utsmaniyah, Masjid Al-Osmani yang terletak di jalan K. L Yos Sudarso Kelurahan Pekan Labuhan atau sekitar 20 kilometer sebelah Utara kota Medan.Penelitian ini dilakukan secara bertahap menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Selain itu ada juga data pendukung melalui sumber-sumber sejarah (heuristik) seperti foto hasil observasi. Islam disebarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penyebaran Islam ke berbagai wilayah di dunia ini, menyebabkan corak dan varian Islam memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri. Varian Islam tersebut bukanlah Islam yang tercabut dari akar kemurniannya, tetapi yang telah berakulturasi dengan budaya lokal. Masjid Al-Osmani memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan dari China, Eropa, India, Timur Tengah dan Melayu Deli. Dengan demikian, kajian ini memberikan kita pemahaman akan pentingnya penghormatan terhadap budaya lokal dalam menyebarkan ajaran agama. Dan penting untuk dicatat bahwa akulturasi Islam dan budaya lokal di Masjid Al-Osmani bukanlah proses yang statis, tetapi terus berlangsung dan berkembang seiring waktu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...