MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 10 No 2 (2023): Juni

Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Model Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Novalina Indriyani (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Yeni Erita (Universitas Negeri Padang)
Mayrisa Undari (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Miranda Miranda (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik telah menjadi masalah di Kelas IV SD Negeri 102/II Sungai Kerjan. Itulah sebabnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Problem Based Learning sebagai model pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 102/II Sungai Kerjan dengan 22 orang peserta didik. Data penelitian mengindikasikan bahwa hasil belajar peserta didik siklus I pada aspek pengetahuan dan keterampilan diperoleh rata-rata 79,01 (C) meningkat pada siklus II menjadi 90,39 (SB). Terlihat jelas bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik. Hal ini menjadi bukti bahwa penerapan model Problem Based Learning berdasarkan kurikulum merdeka dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Copyrights © 2023