Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu
Vol. 5 No. 1 (2023): JPPT Juni 2023

ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 064955 MEDAN

maulida maulida (Unknown)
Sutarni (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sumber belajar berbasis lingkungan (setting) yang di manfaatkan dan untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan oleh guru pada pembelajaran tematik siswa di SD Negeri 064955 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064955 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III, Guru dan kepala SD Negeri 064955 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, penelitian ini menggunakan triangulasi 3 sumber, triangulasi teknis dan triangulasi waktu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan data analisis kualitatif (huberman dan miles), yaitu pengumpulan data, penyajian data , reduksi data , dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan pada pembelajaran tematik sudah dilaksanakan oleh guru kelas III SD Negeri 064955 Medan. Sumber belajar berbasis lingkungan berbentuk pemanfaatan kelas, perpustakaan dan halaman sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis dalam bidang pendidikan dasar yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati ...