Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan juga hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran IPA. Subjek panelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01 Salatiga yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yang dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. HasilĀ penelitian membuktikan bahwa peningkatan untuk motivasi belajar pada siklus I 50% pada pertemuan pertama dan kedua dengan rata-rata 76,3 dan pada tahap siklus II terjadi peningkatan di pertama mencapai persentase 64% dan meningkat lagi dipertemuan kedua menjadi 75% dengan rata-rata 80 disiklus II. Sedangkan untuk hasil belajar sendiri tingkat persentase ketuntasan disiklus I pertemuan pertama adalah 10% di pertemuan kedua menjadi 32% untuk siklus II pertemuan pertama meningkat 67% dan dipertemuan kedua mencapai 100%. Penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023