Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal
Vol 4 No 1 (2022): Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal: October - March (In Progress)

Analisis Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Terhadap Kreativitas Organisasi pada Industri Fotografi di Pekanbaru

Egio Kelvin (Universitas Muhammadiyah Riau)
Dede Iskandar Siregar (Universitas Muhammadiyah Riau)
Hammam Zaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dampak ketidakpastian lingkungan bisnis meliputi ketidakpastian pasar, ketidakpastian teknologi dan ketidakpastian pesaing terhadap kreativitas organisasi pada industri fotografi. Studi ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada responden secara langsung. Sampel yang digunakan merupakan pemilik dan karyawan fotografi di Pekanbaru. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil menunjukan bahwa ketidakpastian pasar dapat membuat kreativitas organisasi melemah, namun ketidakpastian teknologi sebaliknya ditemukan dapat menjadi daya dorong organisasi dalam meningkatkan kreativitas yang lebih baik. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketidakpastian persaingan yang dikelola dengan baik bisa membawa daya dorong bagi peningkatan kreativitas organisasi. Temuan ini berimplikasi bahwa ketidakpastian lingkungan bisnis yang dialami usaha potografi akan sulit menghasilkan kreativitas positif jika manajemen gagal memahami peluang yang muncul dalam lingkungan bisnisnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MRABJ

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Muhammadiyah Riau Accounting & Business Journal (MRABJ) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Muhammadiyah Riau. MRABJ Published twice a year in April and October. MRABJ is a media of communication and reply forum for scientific works especially concerning the field of ...