Penelitian ini dilatar belakangi karena di MTs DDI Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca teks Bahasa Arab, hal ini terlihat ketika peserta didik tidak mampu membaca teks bahasa Arab dengan baik dan benar didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik, untuk mengetahui strategi guru pendidikan bahasa ArabĀ  dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik di MTs DDI Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif. Untuk Teknik Analisis data itu menggunakan deskriptif dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab yaitu strategi demonstrasi dan strategi drill (metode berulang-ulang). Hambatan yang terjadi pada proses pembelajaran bahasa Arab ini yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik, kurangnya wawasan bahasa Arab terhadap peserta didik. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran bahasa Arab ini yaitu pengelolaan kelas yang baik, dan jam pelajaran yang lumayan lama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023