JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Islamic Perspective on Environmental Sustainability Educational Innovation: A Conceptual Analysis

Abd Azis Hasyim (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Mutohharun Jinan (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Muthoifin Muthoifin (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Tulisan ini menunjukkan bahwa perlindungan lingkungan, tujuan utama dari tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015, tertanam dalam Islam dan dipraktikkan oleh Nabi Muhammad berabad-abad yang lalu. Dalam studi ini, kami mengkaji perspektif Islam tentang keberlanjutan dan relevansinya dengan SDGs ini, dengan fokus khusus pada pengembangan masyarakat dan individu. Dalam penelitian ini, kami membahas bagaimana penekanan pandangan Islam terhadap masalah lingkungan kontemporer (seperti penipisan sumber daya alam, polusi, dan kemiskinan) dapat membantu meningkatkan perilaku etis dan praktis terhadap lingkungan. Kami juga menguraikan peran pendidikan dalam tradisi Islam dan hubungannya dengan upaya lingkungan. Terakhir, kami membahas contoh dan model kelestarian lingkungan yang muncul dari tradisi Islam. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mendorong pertimbangan perspektif Islam dalam memecahkan masalah lingkungan, mengaktifkan peran lembaga agama dan ilmiah dalam melestarikan lingkungan, dan memberikan solusi yang tepat. Kami menyimpulkan penyelidikan kami dengan beberapa temuan dan rekomendasi di bidang ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...