JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Posttraumatic Growth pada Individu Dewasa Penyintas Child Maltreatment

Nurul Hasanah (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)
Nurul Hidayah (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)
Triantoro Safaria (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Individu yang mengalami peristiwa traumatis kemungkinan dapat mengembangkan perubahan positif dengan melakukan perjuangan. Perubahan positif ini disebut dengan post traumatic growth (PTG). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapan proses post traumatic growth, dimensi PTG, serta faktor yang mempengaruhi PTG. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara mendalam yang dilakukan pada 5 orang penyintas child maltreatment (PCM) sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTG dapat dicapai oleh PCM setelah mengalami penganiayaan pada masa kecil atau remaja. Adapun proses yang dilakukan untuk dapat mencapai post traumatic growth adalah dengan cara melakukan denial atau penyangkalan, mengelola emosi yang kurang menyenangkan, dan melakukan perenungan yang mendalam hingga tercapainya penerimaan sebagai untuk menuju growth. Selain melalui proses, hasil temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya dukungan sosial, strategi coping yang adaptif, dan motivasi internal memiliki pengaruh yang besar dalam tercapainya growth. Individu yang telah mencapai growth juga akan mengembangkan kemampuan yang lebih dari sebelumnya yaitu, kekuatan pribadi, hubungan dengan orang lain, adanya kemungkinan dan minat baru, penghargaan pada diri sendiri dan kehidupan, memiliki prioritas hidup baru, dan kebersyukuran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...