JURNAL AKSIOMA AL-ASAS
Vol 4, No 1 (2023)

Pengembangan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Kaduagung Tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak

Robiatul Adawiyah (STAI La Tansa Mashiro)
Takhfadz Ubaidilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Desa  Kaduagung Tengah merupakan salah satu desa di kecamatan Cibadak yang hanya memiliki lembaga pendidikan Anak Usia Dini yang terdiri dari 3 unit yaitu PAUD Aisyiyah yang terletak di kampung Kaloncing, PAUD Aisyiyah yang terletak di BTN Mandala dan Madrasah Raudhah yang terletak di BTN Sumur Buang. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satu aspek perkembangan yang dikembangkan adalah aspek perkembangan pendidikan moral. Saat ini urgensi pendidikan karakter kembali menguat dan menjadi bahan perhatian sebagai respon atau persoalan terutama kemerosotan moral peserta didik. Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) adalah pendidikan yang mengembangkan semua dimensi manusia, tidak hanya kemampuan akademik, tetapi juga fisik, emosional, spiritual, kreativitas, dan aspek kecerdasan majemuk lainnya secara holistik dan seimbang melalui pengembangan 9 Pilar Karakter (cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian, kejujuran, amanah dan diplomatis, hormat dan santun, kasih sayang, kepedulian, dan kerja sama). Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian  lapangan  (field  research), dengan  pendekatan  kualitatif.  Metode penelitian  ini  digunakan  untuk memaparkan  bagaimana  bentuk  model pendidikan  holistik  berbasis  karakter (PHBK) pada anak usia dini dalam upaya penanaman karakter siswa  di  Sekolah  PAUD Aisyiyah.  Keberhasilan  pengembangan  karakter  dalam  pendidikan  anak  usia dini dapat  diketahui dari  perilaku sehari-hari yang tampak  pada setiap  aktivitas berikut: 1) kesabaran, 2) kesadaran, 3) kejujuran, 4) keikhlasan, 5) kesederhanaan, 6) kemandirian, 7) kepedulian, 8) kebebasan dalam bertindak, 9) kecermatan/ ketelitian, 10) komitmen, 11) mematuhi peraturan, dan 12) menghargai hak dan kewajiban. Adapun model pembelajaran dan pendekatan yang harus dilakukan guru di PAUD Aisyiyah  adalah dengan memberikan contoh dan keteladanan serta mengembangkan sikap karakter dengan cara 1) pengetahuan Spiritual (Nilai Agama); 2) Nilai sosial atau Nilai hubungannya dengan sesama; 3) pendidikan individu; dan 4) memiliki nilai hubungannya dengan lingkungan. Kemudian Ada beberapa strategi dalam pelaksanaan kegiatan pengajaran kepada anak yang dapat di lakukan di PAUD Aisyiyah diantaranya memberikan perhatian, memberikan umpan balik, memberikan contoh, memberikan tugas, membantu memecahkan masalah serta memberikan pengetahuan secara langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal Aksioma Al-Asas dikelola Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI La Tansa Mashiro dan diterbitkan oleh LPPM STAI La Tansa Mashiro. Sejak Volume 1 Nomor 1 Juni 2020, sebagai terbitan perdana, berkala dengan Frekuensi terbit yakni dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni ...