Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kepercayaan diri pada siswa yang mengalami hambatan dalam melakukan presentasi dan mendapatkan informasi mengenai strategi dalam meningkatkan kepercayaan diri pada proses belajar. Metode penelitian kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan in deep interview dan Observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data bersumber dari Miles and Huberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data Triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa partisipan memiliki kepercayaan diri yang kurang dalam melakukan presentasi. Kurangnya kepercayaan diri disebabkan siswa tidak memiliki aspek rasional dan realistis dalam dirinya. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa memiliki perasaan yang sensitif dalam melakukan presentasi atau mencoba hal yang baru. Adanya penelitian ini diharap bisa bermanfaat bagi seluruh pihak khususnya untuk subjek penelitian agar lebih memahami dirinya sendiri, selain itu subjek dapat memiliki kepercayaan diri yang lebih baik, sehingga siswa mampu meningkatkan kepercayaan diri yang lebih baik dalam proses pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2023