Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan canva terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IVA Sekolah Dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dengan model PBL berbantuan canva dapat memenuhi KKM atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre eksperimental Design dengan One Group Pretest Posttest. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan canva. Penelitian ini juga menggukan uji one sample T Test yang menunjukkan bahwa t_hitung = 3.809 > t_tabel atau sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IVA minimal 75 (µ_o ≥ 75).
Copyrights © 2023