Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV

Siti Hidayatus Sholehah (Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang)
Aryo Andri Nugroho (Universitas PGRI Semarang)
Estiyani (SDN Pandeanlamper 03 Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan canva terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IVA Sekolah Dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dengan model PBL berbantuan canva dapat memenuhi KKM atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre eksperimental Design dengan One Group Pretest Posttest. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan canva. Penelitian ini juga menggukan uji one sample T Test yang menunjukkan bahwa t_hitung = 3.809 > t_tabel atau sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IVA minimal 75 (µ_o ≥ 75).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...