Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pesan pada materi dongeng di kelas III SD Negeri Kemijen 03 Kota Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran wayang hewan dalam materi dongeng untuk siswa kelas III. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran wayang hewan dalam materi dongeng untuk siswa kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Menggunakan langkah-langkah penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli media memperoleh hasil validasi 98% sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil validasi 98%. Kesimpulannya pengembangan media pembelajaran wayang hewan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan memenuhi kriteria layak. Berdasarkan hasil uji coba lapangan dengan menggunakan angket kepraktisan guru kelas 3A diperoleh 100% sedangkan guru kelas 3B memperoleh 100% dan berdasarkan angket tanggapan siswa kelas 3A dan 3B memperoleh 100%. Kesimpulannya pengembangan media pembelajaran wayang hewan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran di dalam kelas untuk memahami amanat dalam kelas.
Copyrights © 2023