Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa mampu memahami konsep matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan matematis siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 12 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 12 Padang yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep berupa 6 soal berbentuk essay dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari 36 siswa yang diujikan diperoleh kualifikasi total skor keseluruhannya adalah 45% berada pada kategori kurang. Kualifikasi total skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan analisis setiap indikator pada pemahaman konsep adalah sebagai berikut: pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep adalah 82% berada pada kategori tinggi, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) adalah 50% berada pada kategori sedang, memberikan contoh dan non contoh dari konsep adalah 56% berada pada kategori sedang, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis adalah 33% berada pada kategori kurang, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep adalah 66% berada pada kategori sedang, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah adalah 30% berada pada kategori kurang.
Copyrights © 2022