Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Peningkatan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning

Salasatun Mahmudah (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Mukti Widayati (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Para Mitta Purbosari (Universitas Veteran Bangun Nusantara)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat sekolah mengadakan pembelajaran daring untuk mencegah penularan virus. Guru harus kreatif dalam melaksanakan pembelajaran, meskipun tidak bertatap muka. Kemampuan literasi siswa kurang berkembang yang berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa dan dengan 2 siklus penelitian. Pada teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu tahap reduksi, pemaparan data, dan penyimpulan. Pada kegiatan pra siklus kemampuan literasi siswa yang sudah sesuai sebanyak 46,6% atau 7 siswa, dan hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 33% atau 5 siswa. Selanjutnya, pada kegiatan siklus I sudah menerapkan model pembelajaran problem based learning hasilnya pada kemampuan literasi siswa yang sudah sesuai sebanyak 66,6% atau 10 siswa, dan hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 60% atau 9 siswa. Pada siklus II, kemampuan literasi siswa yang sudah sesuai sebanyak 86,8% atau 13 siswa, dan hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 87% atau 13 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, disimpulkan bahwa kemampuan literasi dan hasil belajar siswa sudah meningkat serta sudah mencapai target yaitu 80% pada masing-masing variabel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...