Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Upaya Peningkatan Motvasi Dan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Video Pembelajaran

Wisnu Indraswara Nurhatmoko (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Krisdiyanto Hadiprasetyo (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Toni Harsan (SD Negeri 2 Wonoboyo)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 2 Wonoboyo, setelah menggunakan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negari 2 Wonoboyo Tahun Pelajaran2020/2021, jumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar IPS menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan media video pembelajaran di kelas V SD Negeri 2 Wonoboyo mengalami peningkatan dari motivasi belajar sebelum tindakan kategori kurang (34%) meningkat menjadi kategori sedang (54%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi kategori tinggi (82%) pada siklus II. Seiring dengan meningkatnya motivasi belajar, hasil belajar IPS pun meningkat dengan KKM ≥75. Hal tersebut ditunjukan pada pra siklus sebesar 3 siswa (30%) meningkat menjadi 6 siswa (60%) ≥KKM pada siklus I dan meningkat menjadi 8 siswa (80%) ≥KKM pada siklus II. Tindakan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...