Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 1 (2023): January

Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Teknik Scramble Pada Peserta Didik Kelas IIB SD Muhammadiyah Bayan

Uun Sugiarti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Woro Dwi Hastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Etik Setyaningsih (SDN Baciro)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui teknik scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IIB SD Muhammadiyah Bayan dengan jumlah 21 peserta didik. Objek penelitian yaitu keterampilan membaca peserta didik dengan teknik scramble. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Bayan mengalami peningkatan. Pada pra siklus, persentase rata-rata keterampilan membaca peserta didik sebesar 43%. Pada siklus I, persentase rata-rata keterampilan membaca peserta didik meningkat menjadi 63% dan jumlah peserta didik yang meraih ketuntasan mencapai persentase sebesar 52% pada pertemuan 1 dan 62% pada pertemuan 2. Pada siklus II, persentase rata-rata keterampilan membaca peserta didik meningkat menjadi 82% dan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 85% pada pertemuan 1 dan 90% pada pertemuan 2, serta telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...