Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA menggunakan model Discovery learning (Stimulation, Problem Statement, Data Collecting, Data Processing, Verification dan Generalization) pada siswa kelas V SD Negeri Bener Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bener dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses IPA menggunakan Discovery learning di kelas V SD Negeri Bener mengalami peningkatan pratindakan sebesar 33,87%, Siklus I sebesar 68,77%, dan Siklus II sebesar 83,31%. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 52, 29 menjadi 70,00 pada Siklus I dan 77,41 pada Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V SD Negeri Bener.
Copyrights © 2023