Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 1 (2023): January

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas IIIB SDN Jogosimo Tahun Ajaran 2020/2021

Ulsana Puji Lestari (Universitas Negeri Yogyakarta
SDN Jogosimo Kebumen)

Agustina Tri Wijayanto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sri Umi Mardiyah (SDN 2 Keputren Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas IIIB SDN Jogosimo tahun pelajaran 2020/2021 melalui model discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dua pertemuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase sikap kemandirian belajar siswa yang berkriteria sangat tinggi siswa pada setiap siklus serta tercapainya indikator kinerja penelitian. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 28,57% dan meningkat menjadi 67,86%. Kemudian siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat dari 71,43% menjadi 75%.; (3) Penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa seiring dengan meningkatnya kemandirian belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus serta tercapainya indikator kinerja penelitian. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 28,57% dan meningkat menjadi 39,29%. Kemudian siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat dari 46,43% menjadi 82,14%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...