Physics and Science Education Journal (PSEJ)
Physics and Science Education Journal (PSEJ), Volume 1 Nomor 1, April 2021

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK SISWA SMA KELAS X

Vina Octavani (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
M Hidayat (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Tugiyo Aminoto (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis saintifik pada materi fluida statis kelas X SMA yang layak dan untuk mengetahui persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Prosedur penelitian meliputi analisis kebutuhan, merancang LKS, validasi produk, revisi produk, dan uji persepsi siswa. Hasil penelitian ini berupa LKS berbasis saintifik pada materi fluida statis. Spesifikasi LKS yang dikembangkan terdiri atas judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar, langkah-langkah kegiatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan) dan latihan soal. LKS berbasis saintifik ini telah divalidasi oleh ahli materi dan media serta dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji persepsi siswa yang dilakukan di kelas X MIA 4 SMA Negeri 10 Kota Jambi terhadap aspek desain pembelajaran baik (82%), aspek materi sangat baik (85%), aspek keterbacaan sangat baik (87%) dan visualisasi LKS sangat baik (88%).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Focus and scope of PSEJ is Physics, Physics Education, and science Education, including: Physisc Instrumentation and electronic Materials Science Theoretical and Computational Physics Earth Sciences Physics Education Innovation of Physics Learning Assessment and Evaluation in Physics Education Media ...