Kompetensi
Vol 16 No 1 (2023): Kompetensi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Harianti, Putri (Unknown)
Hidayat, Otib Satibi (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif round robin terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDI Nurul Yaqin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen (pre eksperimental one group pretest-posttest design). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat memengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas V SDI Nurul Yaqin, dimana model tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan diskusi kelas dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Peningkatan keterampilan berbicara dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata pretest yaitu 44,55, sedangkan nilai rata-rata postest pada penelitian ini adalah 56,50. Hasil dari nilai antara pretest dengan postest meningkat sebanyak 11,95.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...