Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 3 No. 1 (2023): Biology and Education Journal

Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA YLPI Pekanbaru

Yuni Asrianti (Universitas Islam Riau)
Mellisa (universitas islam riau)
Nurul Fauziah (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas XI SMA YLPI tahun ajaran 2022/2023 dimana dari aspek psikologisnya,skor jawaban siswa adalah 69,38% skor ini berada dalam rentang tinggi yang artinya bahwa siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek psikologisnya. Rata-rata skor siswa adalah 72,51% skor ini berada dalam rentang tinggi yang artinya bahwa siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek fisiologisnya. Rata-rata skor siswa adalah 68,42% berada dalam rentang tinggi yang artinya siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek lingkungan sekolahnya. Skor siswa adalah 68,71% berada dalam rentang tinggi yang artinya siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek lingkungan keluarganya. Skor siswa adalah 68,71% dimana skor ini berada dalam rentang tinggi yang artinya bahwa siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek lingkungan keluarganya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...