Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Geometri siswa kelas IV SD Bawakaraeng 1 dengan penerapan media permainan kuartet. Menggunakan metode Analisis Deskriptif penelitian tindakan kelas yaitu studi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menafsirkan dan menyimpulkan data sehingga diperoleh gambaran yang sistematis dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 24 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Terdapat peningkatan yang signifikan setalah menerapkan media permainan kuartet dalam pembelajaran geometri. Rata-rata persentase aktivitas positif berada pada kategori baik yaitu 73,95% sedangkan di siklus 2 berada pada kategori sangat baik yaitu 85,39%. Untuk persentase aktivitas negative siklus 1 12,5 % dan siklus 2 sebesar 4,1%, ini berarti aktivitas positif mengalami peningkatan dan aktivitas negative menurun. Dan terdapat peningkatan jumlah siswa yang telah tuntas atau mencapai KKM yaitu sebanyak 11 siswa atau 45,83% di siklus 1 dan sebanyak 21 siswa yang tuntas atau 87,5% di siklus 2. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan persentase sebesar 41,67 %. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan media permainan kuartet pada materi geometri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SD Bawakaraeng 1 kota Makassar.
Copyrights © 2023