Wisata Tugu Tani yang terletak di kelurahan Taman Fajar merupakan salah satu desa wisata yang berlokasi di Kec. Purbolinggo Kab. Lampung Timur yang mempunyai kekayaan destinasi wisata kuliner receh. Wisata Tugu Tani ini sangat potensial menjadi sarana wisata kulineran yang menyajikan banyak masakan nusantara dengan harga terjangkau bagi wisatawan. Meskipun demikian, jumlah pengunjung wisatawan di Wisata Tugu Tani ini masih tergolongrendah. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk menunjang kegiatan promosi Wisata Tugu Tani di kelurahan Taman Fajar Kec. Purbolinggo Lampung Timur dengan menggunakan perencanaan aset video. Proses pengabdian ini terbagi atas tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Penelitian dilangsungkan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil luaran perencanaan ini yaitu konten video promosi yang diunggah di media sosial seperti Instagram, Tiktok maupun youtube dimana memuat keunggulan dan daya tarik wisata Tugu Tani untuk menarik perhatian wisatawan. Video ini juga memuat promosi hasil pertanian yang mayoritas dilakukan oleh masyarakat di kec. purbolinggo agar semakin memperluas pangsa pasar. Video yang dibuat ini juga bisa memberikan akses dalam proses persuasi target audiens agar berkunjung ke lokasi wisata Tugu Tani untuk mendukung pengembangan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke kelurahan taman fajar. Dengan demikian, adanya perencanaan aset video ini bisa menjadi upaya dalam mempromosikan wisata Tugu Tani di kalangan wisatawan.
Copyrights © 2022