Borobudur Educational Review
Vol 3 No 1 (2023)

Peningkatan ketrampilan membaca permulaan menggunakan picture and picture berbantuan media alphabet spinner

Diah Ayu Paramita (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Agrissto Bintang Aji Pradana (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Putri Meinita Triana (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture berbantuan media Alphabet Spinner terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design, dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 21 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja. Tes unjuk kerja ini digunakan untuk mengukur sejauh mana siswa dalam keterampilan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sampel T-Test dengan program SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture berbantuan media Alphabet Spinner berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan. Hal tersebut didukung dengan adanya uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sampel T- Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000<0,005). Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture berbantuan Media Alphabet Spinner berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...