Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan Multikultural Sebagai Media Penanaman Sikap Toleransi Pada Siswa Sekolah Dasar

Chandra Ayu Proborini (Universitas Jember)
Rif’atul Vaizah (Program Studi PGSD Universitas Jember)
Suhartiningsih Suhartiningsih (Program Studi PGSD Universitas Jember)
Hari Satrijono (Program Studi PGSD Universitas Jember)
Fajar Surya Hutama (Program Studi PGSD Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pendekatan progesif untuk melakukan perubahan pada dunia pendidikan, hal ini merupakan fungsi dari suatu pendidikan, hal ini menjadikan pendidikan multikutural tidak lepas dari sikap toleransi karena keduanya adalah suatu kesatuan sistem pendidikan nasional. Sikap toleransi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memperlakukan seseorang dengan segala perbedaanya. Tujuan dari disusunnya artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara memanfaatkan media pendidikan multikultural untuk penanaman sikap toleransi pada siswa sekolah dasar. Selain itu dalam artikel ini juga dibahas mengenai hambatan penerapan pendidikan multikultural di sekolah dasar dan strategi mengatasi hambatan tersebut. Aritkel ini menggunakan metode penelitian studi literatur, dimana mengumpulkan data-data yang relevan tentang pendidikan multikultural dan penerapannya yang kemudian dikaji sehingga menemukan sebuah fakta keilmuan baru mengenai pendidikan muktikultural di sekolah dasar. Kata Kunci: Pendidikan multikultural, toleransi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...