Studi penelitian ini mengkaji dampak penerapan teknologi virtual reality (VR) dalam pembelajaran matematika di kalangan siswa sekolah dasar di Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan metode campuran, yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Komponen kuantitatif melibatkan penilaian pra dan pasca tes untuk mengukur pencapaian matematika siswa, sedangkan komponen kualitatif terdiri dari wawancara dan observasi untuk mengumpulkan wawasan tentang motivasi, keterlibatan, dan sikap siswa terhadap matematika ketika memanfaatkan teknologi VR. Metodologi penelitian ini melibatkan pemilihan sampel yang representatif dari siswa sekolah dasar dari Kabupaten Sukabumi yang belum pernah terpapar teknologi VR dalam pengajaran matematika. Lingkungan belajar VR akan dikembangkan, menggabungkan simulasi interaktif dan representasi visual dari konsep-konsep matematika. Data akan dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir, kuesioner, wawancara, dan observasi kelas. Hasilnya akan dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan dampak teknologi VR terhadap prestasi matematika siswa. Analisis kualitatif akan memberikan wawasan tentang motivasi, keterlibatan, dan sikap siswa terhadap matematika ketika memanfaatkan teknologi VR. Temuan ini akan berkontribusi pada bidang pendidikan matematika dengan memberikan bukti empiris tentang efektivitas VR dalam konteks sekolah dasar dan menginformasikan praktik dan kebijakan pendidikan di Kabupaten Sukabumi.
Copyrights © 2023