cover
Contact Name
Yana Priyana
Contact Email
mrpyana@gmail.com
Phone
+6282115575700
Journal Mail Official
info@westscience-press.com
Editorial Address
Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat 11480
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan West Science
Published by Westscience Press
ISSN : 29866294     EISSN : 29855470     DOI : https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal Pendidikan West Science adalah hasil penilaian ulang teoritis atau penilaian ulang konseptual dalam bidang pendidikan dan pengajaran pada semua jenjang pendidikan, berbagai mata pelajaran pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar, sekolah menengah dan universitas, tetapi tidak terbatas pada penelitian di bidang pendidikan yang relevan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 161 Documents
Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Bagi Perubahan Perilaku Siswa-Siswi Di SMK Kristen Karangmalang Sragen Jalani Darja Ladi Pura
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.838 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kerinduan bagi sebagian besar anak untuk dapat menuntut ilmu setinggi mungkin. Setiap anak memiliki keinginan untuk mencapai setiap apa yang dicita-citakan dalam mencapai masa depan yang lebih baik dengan melalui pendidikan. Pengertian pendidikan sendiri secara luas dibagi menjadi tiga cara pendidikan, yaitu baik dalam pendidikan formal, nonformal maupun informal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Kristen terhadap perubahan perilaku siswa-siswi di SMK Kristen Karangmalang Sragen, Oleh sebab itu penting, bahwa pendidikan agama harus di tekankan di dalam dunia pendidikan termasuk di sekolah. Dasar dari pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang utama adalah Alkitab. Di dalam Alkitab, baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, bahwa pendidikan agama merupakan “shema”, shema adalah sebagai landasan pendidikan ke-Tuhanan dan moral Kristiani. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan melalukan survai. Oleh sebab itu penulis melalui metode survai ini akan menyusun dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berupa tertulis/ kuesioner, sehingga kuesioner yang di sebarkan dapat membantu peneliti untuk mendapatkan data-data yang di perlukan. Hasil dari temuan berdasarkan data dengan dilakukannya uji Validitas, uji Reabilitas, uji Normalitas, uji Hipotesa, maka dapat disimpulkan ada pengaruh Pendidikan Agama Kristen terhadap perubahan perilaku siswa-siswi di SMK Kristen Karangmalang Sragen.
Analisis Cara Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Hasnaa Rizka Putri Qurrotu’ainii; Dewi Masithoh
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.01 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pandemi Covid-19 yang mewabah hampir di seluruh wilayah Indonesia sejak tahun 2020. Adanya kebijakan bidang Pendidikan terkait peralihan pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring, berdampak pada kebiasaan cara belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Al-Mumtaz selama Pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Januari sampai April 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I sampai kelas VI di MI Al-Mumtaz Patuk Gunung kidul. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan rumus korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa cara belajar siswa pada pembelajaran daring mempunyai tiga aspek, yaitu: 1) cara belajar; 2) pembelajaran daring; dan 3) sarana prasarana. Aspek cara belajar yang paling banyak diminati siswa MI Al-Mumtaz adalah menggunakan media pembelajaran video, gaya belajar visual, dengan pendampingan orang tua. Aspek yang kedua, pembelajaran daring, waktu belajar siswa yang paling efektif untuk pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa MI Al-Mumtaz paling banyak dilakukan pada pagi hari. Aspek ketiga yaitu sarana prasarana, aspek ini mempunyai kendala dengan jumlah prosentase tertinggi sebesar 47,5 % yaitu kesulitan siswa memahami materi, solusinya adalah bertanya kepada anggota keluarga atau guru.
Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam Lea Sundari; Desvina Aulia Ramadhan
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.895 KB)

Abstract

Pendidikan anti korupsi harus dikenalkan dari anak belajar tentang kehidupan, artinya sejak awal anak dikenalkan oleh nilai-nilai anti korupsi. Penanaman dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, akan menumbuhkan sikap kepribadian anak. Pada dasarnya sebuah kepribadian seseorang tidak muncul secara instan namun melalui sebuah proses. Pendidikan anti korupsi bisa dilaksanakan baik secara formal maupun informal. Ditingkat formal, unsur-unsur pendidikan anti korupsi dapat dimasukkan kedalam kurikulum diinsersikan/diintegrasikan ke dalam mata pelajaran. Konsep anti korupsi dengan membiasakan hidup anti korupsi, melalui pengenalan gaya hidup anti korupsi, akibat korupsi, dan penanaman nilai-nilai ajaran agama ke dalam diri peserta didik. Implikasi pendidikan anti korupsi dalam pendidikan agama Islam yaitu kurikulum harus mengaitkan seluruh mata pelajaran pada nilai-nilai anti korupsi, pembelajaran dengan pembiasaan dan keteladanan dan guru harus mampu menjadi teladan, memberikan informasi tentang bahaya korupsi, dan membiasakan siswa untuk anti korupsi.
Meningkatkan Kesadaran Mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi Kresna Ningsih Manik; Asma Nurani Nugrahawati
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.134 KB)

Abstract

Artikel ini berjudul Meningkatkan Kesadaran mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi Untuk Berperilaku Anti Koruptif melalui Pendidikan Anti Korupsi. Secara garis besar, masalah yang ingin dibahas adalah kesadaran mahasiswa akan perannya sebagai agent of change bagi persoalan korupsi di Indonesia dan peran penting pendidikan anti korupsi dalam menumbuhkan kesadaran hukum. Metode yang dipergunakan dalam penelitian tersebut adalah metode empiris dengan menggunakan pendekatan fakta dan pendekatan konsep serta disajikan secara deskriptif analitis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut adalah generasi muda memiliki cukup pengetahuan tentang korupsi, bentuk-bentuk korupsi serta bentuk-bentuk perilaku anti koruptif. Hanya saja pengetahuan yang cukup itu belum diikuti oleh kehendak untuk berperilaku anti koruptif. Ini artinya ada kelemahan dalam diri mahasiswa terkait kesadaran untuk mengembangkan budaya anti koruptif dalam dirinya sehingga dapat disimpulkan bahwa perlu diadakan pendidikan anti korupsi bagi generasi muda agar dapat membantu menumbuhkan kesadaran hukum mereka untuk berperilaku anti koruptif.
Does the clackers balls toys Make a student’s behavior change? A literature review at elementary school Teofilus Ardian Hopeman; Aulia Rahma
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 01 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.165 KB)

Abstract

This study aims to identify and obtain information about parents' perspectives on clackers’ ball toy games (Clickers Balls) and whether they have an impact on behavior change or not. Currently, the clackers balls toys game is a game that is very loved in society by all ages, both young and old. Clacker’s ball toys game is a game in the form of two small balls or pendulums that are connected through a rope he plays simply by banging both balls using the palm until it makes a fairly loud sound with an up-and-down movement. Descriptive-qualitative research methods are used in this study that aiaimso provides an overview and expose information about something according to the conditions at the time. The data collection technique in this study was through interviews and observations at one of the elementary schools in Sukabumi, West Java. The results show that children who play clackers, tend to become more active in interacting and socializing considering that this game will be more exciting if played together. In addition, the increase in children's social interaction, itso reduces the intensity of children's use and dependence on gadgets. Therefore, if vitamins with good supervision from parents, this clackers toys game will help the child to improve his motor and cognitive abilities, as well as his ability to socialize.
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang Agustin Sumanti
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.61 KB) | DOI: 10.58812/jpdws.v1i02.207

Abstract

Penelitian ini berdasar pada pentingnya mengimplementasikan nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika kepada peserta didik di era globalisasi ini, sehingga peserta didik menjadikannya sebagai fondasi dalam pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kegiatan Pendidikan di SMA Negeri 1 Palembang, sehingga data yang disajikan dapat digunakan sebagai referensi bagi pembaca, khususnya tenaga pendidik dan pihak yang berkecimpung di dunia Pendidikan untuk selanjutnya direalisasikan dalam kegiatan kependidikan lainnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara serta dokumentasi hal-hal dan kegiatan yang berkaitan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Implementasi Nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Pondasi pembentukan karakter dilaksanakan dengan menerapkan tata tertib, peraturan dan pembiasaan rutinitas peserta didik. Nilai-nilai yang diterapkan berupa nilai toleransi, nilai Ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan permusyawaratan serta nilai keadilan sosial untuk membentuk karakter berketuhanan, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.
Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Keberagaman dalam Proses Pembelajaran Biologi (Kajian di SMA Negeri 10 Palembang) Amirah Nabilah Farina
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.525 KB) | DOI: 10.58812/jpdws.v1i02.210

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya perbedaan yang terjadi di negara kita dalam berbagai bidang khususnya pendidikan. Nilai-nilai dalam Pancasila sebagai ideologi Indonesia mengandung pandangan hidup bangsa yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktualisasi nilai-nilai Pancasila melalui proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. informan nya adalah peserta didik kelas X.1 di SMA Negeri 10 Palembang Sumatera Selatan yang melakukan praktik baik dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila. Kami menggunakan purposive sampling untuk memilih informan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi literatur, studi dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan model deskriptif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktualisasi nilai Pancasila pada peserta didik kelas X.1 dalam pembelajaran Biologi dengan cara melakukan doa berdasarkan kepercayaan masing-masing, membuat kelompok belajar dengan musyawarah, menggunakan diskusi untuk menerima perbedaan pendapat, mengacak komposisi kelompok, membantu teman dengan pemahaman yang kurang, dan guru tidak pilih kasih kepada peserta didik.
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SMAN 1 Palembang Herdi
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.872 KB) | DOI: 10.58812/jpdws.v1i02.211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Palembang. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kajian literatur. Guru mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan memasukkannya dalam kegiatan pembelajaran, sikap terhadap siswa, dan kegiatan – kegiatan rutin sekolah. Faktor pendukung dari implementasi nilai-nilai Pancasila yaitu adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, dinas pendidikan, serta lingkungan sekolah yang mendukung. Hambatan yang dihadapi sekolah yaitu adanya beberapa anak yang sulit dinasehati dan kebiasaan anak di luar sekolah yang kurang baik. Sekolah mengatasi hambatan tersebut dengan terus melakukan mendisiplinkan yang tinggi, bimbingan, dan pembinaan kepada anak.
Penguatan Identitas Manusia Indonesia di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 10 Kota Palembang Wahyu Gunawan
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.609 KB) | DOI: 10.58812/jpdws.v1i02.212

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengulas dan menjelaskan tentang usaha dari sekolah SMA Negeri 10 Palembang untuk menguatkan identitas manusia indonesia pada guru, karyawan dan siswa di lingkungan sekolah SMA Negeri 10 Palembang dengan mengacu pada penghayatan nilai-nilai Pancasila dan kebhinekatunggalikaan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui hasil angket pada siswa, observasi lapangan dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat beberapa tanda serta simbol tentang penghayatan terhadap nilai kebhinekatunggalikaan sebagai penguat identitas manusia indonesia di ekosistem sekolah SMA Negeri 10 Palembang dan 2) Penghayatan terhadap nilai-nilai pancasila di SMA Negeri 10 Palembang sudah diterapkan sebagai upaya penguatan identitas manusia Indonesia. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pihak Sekolah SMA Negeri 10 Palembang sudah mengupayakan penguatan identitas manusia indonesia di ekosistem lingkungan sekolah dengan sebaik mungkin.
Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMAN 10 Palembang Fania Wahyu Utami
Jurnal Pendidikan West Science Vol 1 No 02 (2023): Jurnal Pendidikan West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.563 KB) | DOI: 10.58812/jpdws.v1i02.213

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan satu upaya dalam membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan identitas manusia Indonesia. Pendidikan karakter peserta didik di SMAN 10 Palembang adalah salah satu bentuk dari penerapan dimensi yang terkandung dalam profil pelajar Pancasila yang bertujuan untuk membentuk karakteristik peserta didik sesuai dengan nilai–nilai Pancasila. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pentingnya pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan sikap beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, serta memiliki kemampuan bernalar kritis, mandiri, dan kreatif pada peserta didik.

Page 1 of 17 | Total Record : 161