ALGORITMA : Journal of Mathematics Education
Vol 5, No 1 (2023): ALGORITMA Journal of Mathematics Education

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL EKSPONEN BERDASARKAN TEORI KASTOLAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

Selvita Erviandita (Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang)
Dewi Wulandari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana siswa menyelesaikan soal-soal eksponen dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif, berdasarkan teori Kastolan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA Masehi 2 PSAK Semarang yang sudah mendapat materi Eksponen.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara berbasis tes, dan dokumentasi, sementara proses analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Ini merupakan kesimpulan dari penelitian, bahwa Siswa refleksif melakukan kesalahan prosedural, seperti salah menghitung persentase, yang mengakibatkan langkah akhir yang salah diambil. Siswa impulsif cenderung lebih banyak malakukan kesalahan dibandingkan dengan siswa reflektif. Siswa reflektif dan impulsif melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dengan dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk siswa reflektif, faktor internalnya yaitu kurangnya pemahaman dalam konsep penyelesaian dan kurangnya ketelitian dalam menentukan suatu nilai. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu siswa terburu-buru karena kesibukan siswa di lingkungan sekolahnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

algoritma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) adalah jurnal peer-review pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. AJME mempublikasikan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan matematika secara berkala, yaitu 2 kali ...