Jurnal Cakrawala Informasi (JCI)
Vol 1 No 2 (2021): Desember : Jurnal Cakrawala Informasi

Analisis e-Learning Fresto dengan Prinsip Usability

Prihati Prihati (Unknown)
Kristiawan Nurdianto (Unknown)
Martinus Apun Heses (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Analisis sistem sangat penting dilakukan untuk menghasilkan sistem yang mudah, efektif, efisien, minim kesalahan dan tepat guna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-Learning Fresto yang banyak digunakan oleh sekolah dalam pembelajaran jarak jauh dengan prinsip usability. Kriteria usability yang digunakan adalah kriteria usability Jacob Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors,dan satisfaction. Analisis usability suatu sistem dengan lima kriteria dari Nielsen dapat digunakan sebagai standar untuk menganalisa sejauh mana kriteria usability telah diterapkan pada sistem sehingga dapat diketahui kelemahan apa saja yang ada dalam sistem dan dengan demikian perbaikan terhadap sistem tersebut dapat dilakukan. Penerapan usability Nielsen dalam analisis e-Learning Fresto menghasilkan kesimpulan bahwa sudah cukup banyak kriteria usability yang diterapkan dalam e-Learning Fresto. e-Learning Fresto sudah menerapkan kriteria learnability, efficiency, dan errors. e-Learning Fresto mudah dipelajari, namun langkah-langkah yang harus dilalui sedikit sulit diingat oleh pengguna. Para pengguna e-Learning Fresto sebagian besar merasa puas. Namun demikian, e-Learning Fresto membutuhkan pengembangan lebih jauh supaya dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jci

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Jurnal Cakrawala Informasi (JCI) Sesuai dengan filosofinya, Jurnal Cakrawala Informasi (JCI) bertujuan untuk memberikan sumbangsih pengetahuan di berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang relevan dengan sistem atau teknologi informasi serta mendorong para akademisi, ilmuwan atau praktisi untuk ...